PANDUAN PENGECATAN TEMBOK DAN DINDING + RAB

Pengecatan yang baik membutuhkan persiapan-persiapan matang. Persiapan yang benar akan membuat pekerjaan pengecatan lebih capat, mudah, dan biaya rendah, selain memberikan hasil akhir yang baik juga lapisan cat lebih tahan lama, selain pemilihan produk yang tepat.



Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan pengecatan dinding tembok (bata), yang paling berpengaruh adalah kualitas atau mutu dinding itu sendiri (terlepas dari kualitas cat yang dipakai). Masalah yang sering timbul akibat dari kualitas dinding yang jelek biasanya adalah belang-belang seperti basah (bila kadar air dalam dinding terlalu tinggi), lapisan cat yang menggelembung, dll.

Sedangkan bila yang dipakai cat dinding dengan kualitas rendah maka masalah yang sering terjadi adalah pengapuran, warnanya luntur, dll. Bagaimana kita tahu cat yang kita pakai tersebut berkualitas?. Cat yang berkualitas minimal mempunyai empat fungsi yang harus dimiliki diantaranya daya sebar, daya tutup, mudah dalam pengaplikasiannya, dan aman bagi kesehatan lingkungan. Memang semakin tinggi kualitas cat, maka harganya pun akan semakin mahal, karena disamping keempat hal pokok diatas, cat yang berkualitas akan memiliki nilai tambah seperti daya tahan terhadap cuaca, anti jamur, tidak memudar (anti fading), mudah dibersihkan (washable), dapat menutup retak rambut (cover hair line crack) serta tambahan pengharum (fragnance).

PROSES PERSIAPAN DINDING


Yang harus di lakukan untuk memulai proses pengecetan adalah menyiapkan permukaan yang akan dicat. Pastikan permukaan dinding bersih dan kering untuk mencegah terjadinya pengelupasan. Biasanya memakan waktu 28 hari agar reaksi pengerasan semen pada plesteran beton mengering dengan sempurna.

Setelah permukaan tembok sudah benar-benar kering, dan sebelum tembok di plamir, lapisi dulu tembok dengan Wall Sealer, guna menetralisir PH semen agar sesuai dengan PH cat. Dengan wall sealer Cat tidak mudah mengelupas dan warna cat tidak akan berubah dari warna aslinya.Cat akan menjadi seperti kapur jika daya serap tembok masih bekerja, untuk itu tembok harus dilapisi dengan Wall Sealer, namun jika untuk alasan ekonomis anda dapat melarutkan satu sampai dua bungkus lem putih dalam satu galon air kemudian kuaskan pada tembok sebelum tembok di cat.

PROSES PLAMIR DAN CAT DASAR
Sebelum pengecatan dilakukan ada pekerjaan pendahuluan yaitu plamir dinding. Plamir dinding terdiri dari 3 bagian bahan, yang pertama adalah semen putih, lem putih, dan kalsium. Semua bahan tersebut mempunyai fungsi masing - masing.
Penggunaan kalium pada bahan plamir berfungsi sebagai penambah volum dari plamir dan memudahkan penghalusan, namun apabila terlalu banyak justru akan menyebabkan cat yang nanti kita kerjakan menjadi kurang kuat. Sebagian kontraktor bangunan sudah tidak menggunakan kalium sebagai campuran plamir, kecuali pada pekerjaan yang memerlukan harga sangat hemat dan waktu penyelesaian yang relatif cepat.
Teknik melamir yang efektif adalah dengan menggunakan kapi besar atau bahan bekas dari pipa pvc yang dibuat kapi. Dengan mengoleskan pada arah vertikal di dinding kemudian untuk lapis selanjutnya pada arah horisontal, demikian seterusnya sampai dinding menjadi rata. Lapisan yang kedua haruslah menunggu lapisan yang pertama kering dahulu. 
Penghalusan menggunakan amplas dengan arah memutar. Alat penghalus otomatis sebaik digunakan agar lebih cepat dalam pengerjaannya.
Setelah diplamir, dilakukan Pelapisan cat dasar atau alkali sealer. Sebelum dilakukan pengecatan dengan cat tembok aplikasikan terlebih dahulu cat dasar alkali sealer, yang berfungsi memberikan lapisan dibawah cat tembok sehingga memperkecil kontak langsung dengan alkali tembok. Selain itu alkali sealer berfungsi memberikan lapisan warna putih sehingga dapat mempercepat penutupan warna cat tembok pada dinding. Alkali sealer berbeda dengan cat putih. Penggunaan cat putih sebagai dasaran pengecatan tidak akan menghindari kontak langsung alkali tembok dengan cat, tetapi hanya berfungsi membantu daya tutup cat tembok saja.


PROSES PENGECATAN DINDING

Proses pengecatan dinding dimulai ketika semua permukaan dinding telah terplamir , sudah dalam keadaan halus teramplas, dan sudah dilapisi dengan cat dasar.

Penggunaan rol memang sangat efektif ketika kita mengecat pada pada bidang dinding yang luas, namun apabila hendak merapikan pada sudut-sudut ruang tetaplah kuas yang digunakan. Sebenarnya dengan menggunakan kuas cat akan lebih terasa hemat karena tidak terlalu banyak yang lengket pada rol kita. Untuk hasil yang sempurna cat tembok jangan terlalu kental, encerkan dengan air 30-35 persen dari total berat cat.

Lapis demi lapis kita cat, cara yang paling cepat agar dinding lekas tertutup rata oleh cat adalah dengan cara bersilangan. Lapisan pertama vertikal atau horisontal, kemudian tunggu kering, lapisan yang kedua kebalikannya.Selang waktu antara setiap lapis harus cukup lama. Secara teoritis adalah 2-4 jam, tetap sebaikny minimal 8 jam atau semalam.

TIPS DAN TRIK DALAM PENGECATAN
1.      Kerjakan pengecatan pada siang hari.
2.      Mulai dari dekat jendela. menuju ke ruang dalam.
3.      Bila mengecat seluruh ruangan, kerjakanlah mulai dari langit-langit yang diteruskan ke dinding dekat kusen jendela, pintu-pintu, dan kemudian ke bagian bawah.
4.      Mengecat tiga lapis sesuai dengan anjuran pencampuran air lebih baik dari pada satu lapisan tebal, usahakan menyediakan cat yang cukup unluk area yang akan dicat dengan menghitung iuas area yang akan dicat, jangan mengecat pada suatu bidang yang lebar sekaligus. Batasi bidang pengecafan aniara satu sampai dua meter persegi sekali mengecat. Baru dilanjuttkan ke bidang berikutnya, Perhatikanlah petunjuk-petunjuk mudah pada kemasan cat sebelum bekerja.
5.      Lakukanlah pembuangan sisa saat melakukan pengecatan karena kita harus bertanggung jawab terhadap lingkungan dengan menghindarkan membuang limbah/sisa cat ke dalam saluran pembuangan.
6.      Terakhir adalah membiarkan sisa cat mengering di wadahnya sebelum dibuang ke tempat sampah.

Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana tersebut pengecatan akan lebih mudah, menghemat waktu, uang dan tenaga. Karena, persiapan permukaan yang benar akan memberikan hasil akhir yang lebih baik dan perrnukaan yang dicatakan lebih tahan lama, jangan mencoba untuk mengecat satu lapisan dengan tebal.

 


Trik Penggunaan Aci Instan pengganti plamir dan cat dasar


Mengerjakan finishing din-ding semakin mudah dan cepat dengan aci instan. Warnanya yang putih dapat menggantikan dua proses finishing dinding.

Mari kita hitung berapa tahap dibutuhkan sebelum mengecat dinding. Setelah plesteran, dinding mesti diaci. Setelah itu diplamir dan diampelas agar permukaannya halus. Cat dasar perlu diaplikasikan agar cat dinding dapat menutup rata permukaan tanpa menyisakan belang di beberapa tempat. Setiap tahap membutuhkan waktu antara dua-lima hari agar hasil finishing din-ding sempurna.

Proses yang demikian lama dan melelahkan itu, ternyata dapat menjadi singkat dan praktis. Caranya, Anda bisa mensubs-titusi material sehingga dapat menghilang-kan dua tahap pengerjaan, yaitu proses plamir dan pengecatan dasar. Bagaimana caranya?"Dua proses itu bisa dihilangkan jika Anda menggunakan semen aci instan

Aci instan terbuat dari campuran filler, semen putih, kapur, dan zat aditif. Ini menjadikan aci instan dapat merekat erat pada segala permukaan dinding (beton dan plesteran). Daya lentur dan proses pengeringan yang perlahan-lahan menjadikan aci instan sebagai material yang tepat untuk mengurangi retak rambut.


Retak rambut itu bisa terjadi jika proses pengeringan semen berlangsung cepat. Aci instan mengering lebih lama. Dengan demikian, proses muai- susutnya pun lambat, sehingga retak-retak rambut itu berkurang.

Penggunaan aci instan dianjurkan dalam praktik sehari-hari. Meski harga material ini lebih mahal dari semen biasa, tapi sebetulnya bisa hemat. Jika dihitung total biayanya, penggunaan aci instan ini dapat menghemat waktu pengerjaan dan biaya pembangunan.

R.A.B. PENGECATAN
Pengecatan Tembok/plafond Baru kwalitas sedang
M2
a
Plamir
  0,10
kg
b
Rol cat
  0,01
bh
c
Cat tembok kwalitas sedang
  0,45
kg
d
Steger ( perancah kerja )
  0,01
Ls
e
Ampelas
  0,50
lbr
f
Pembantu Tukang
  0,06
org
g
Tukang cat
  0,20
org




Pengecatan Tembok/plafond Baru kwalitas baik
M2
a
Plamir
  0,10
kg
b
Rol cat
  0,01
bh
c
Cat tembok kwalitas baik
  0,50
kg
d
Steger ( perancah kerja )
  0,01
Ls
e
Ampelas
  0,50
lbr
f
Pembantu Tukang
  0,06
org
g
Tukang cat
  0,20
org




Pengecatan exterior
M2
a
Cat tembok exterior
  0,36
kg
b
Plamir tembok
  0,16
kg
c
Rol cat
  0,01
bh
d
Steger ( perancah kerja )
  0,01
Ls
e
Ampelas
  0,50
lbr
f
Pembantu Tukang
  0,20
org
g
Tukang cat
  0,30
org

43 komentar:

Unknown mengatakan...

sangat berguna..terimakasih ^^b

karina mengatakan...

Tembok depan rumah saya sebelum cat saya kasi plamir. Ttp plamirnya malah rontok dan hasil cat pun jadi rontok. Saya dapat saran dari orang bahwa utk cat tembok tidak perlu pakai plamir.cukup pakai cat dasar saja. Apakah benar? Thnku

Anonim mengatakan...

iya karina. saya orang awam juga dapet info kalo plamir gak cocok di tembok luar, gak tahan cuaca.
info disini kurang jelas

Unknown mengatakan...

Seandainya diurutkan adalah: Wall Sealer + Plamir + Sealer + Cat Interior.
Begitukah Sobat?

Anonim mengatakan...

Agar plamir bisa lekat dan tahan lama gunakan ukuran sbb; 1kg lem putih(ra*****i), kalsium 2kg semen putih 1kg., Info lanjut email ke; thepaciran@live.com

Unknown mengatakan...

mantaaap banget ini artikelnya lengkap banget soal perkara pengecetan tembok seperti apa...

oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

Perumahan Baru
perumahan murah di ciledug
perumahan murah di citayam
perumahan rancamaya bogor

Unknown mengatakan...

Yg penting !!!!!saat ngacinya...!!!!!!!.acan di usahakan rata dan benar.selesai di aci,tunggu Sampai kering.(kalau sdh retak rambut,itu sdh ckup kering.) Langsung aja di lapis alkali.laku cat dua,tiga kali ulang.anti kelupas...anti pengapuran....tergantung kualitas catny......ga pake ribet....yg utama ialah asil a iannya..kalo acian kurang maksimal ya bisa anburadul.....

Unknown mengatakan...

makasih infonya gan....http://www.ferdianews.blogspot.com/

joni mengatakan...

mau tanya nih,dinding baru saya uda saya kasi alkali primer,kemudian untuk yang retak rambut saja yang saya plamir kemudian di kasi lagi alkali,yang jd masalah saat mengecat,bagian yang diplamir masih berbayang(2x pengecatan dg dulux)bagaimana menyiasatinya,kebetulan dinding laen blm dicat

jro mangku mengatakan...

mantaf

Unknown mengatakan...

sip..

Unknown mengatakan...

sip..

Kyra Sweet Maker mengatakan...

wall sealler,plamir,alkali terkhir cat....untuk luar tidak perlu diplamir,karna cuaca yg pnas dan dingin.setelah di plamir,setelah di cat ada gelembungan karna campuran plamirnya kurag matag,lebih baik beli plamir yg sudah jadi misalnya RJ

Anonim mengatakan...

artikel daftar cat dan tips memilih cat
https://daftarmerkcat.wordpress.com/

Unknown mengatakan...

Nice infonya gan, sangat membantu sekali..trims

Unknown mengatakan...

Btw mampir2 ya ke blog ane di
Http://www.tigars-desain-rumah.blogspot.com

Unknown mengatakan...

kalao ada retak rambut, berarti harus di vlamir dulu ya gan? terima kasih atas petunjuk pemakaian cat yang sangat berguna ini.

Unknown mengatakan...

untuk dasaran yang rekomendet apa yahhh

Unknown mengatakan...

yang saya tau plamir hanya digunakan untuk menutupi retakan acian dan meratakan dinding, jd tdk perlu banyak menggunakan plamir, lebih baik cat dasar lalu cat inti

Unknown mengatakan...

Gimana cara mengganti cat yg sebelum nya kuning pengen nya di ganti cat putih. Biar hasil nya putih beraih tanpa ada cat sebelumnya terlihat gimana ya? Makasi sebelumnya.. Karena rumah ku uda berkali kali cat, cat sebelumnya masi terlihat. :)

Unknown mengatakan...

Gimana cara mengganti cat yg sebelum nya kuning pengen nya di ganti cat putih. Biar hasil nya putih beraih tanpa ada cat sebelumnya terlihat gimana ya? Makasi sebelumnya.. Karena rumah ku uda berkali kali cat, cat sebelumnya masi terlihat. :)

Unknown mengatakan...

Bagai mana mengatasi plamir yg gak.rata atau masih terlihat dasar semen plaster nya apaa harus di plamir ulang...

Unknown mengatakan...

Menurut saya cb temen2 gunakan MU-200 acian dan MU-830 pebaikan acian di jamin beres semua masalah bangunan ...

karyabersama7745@gmail .com mengatakan...

IJIN COPY ARTIKEKNYA , GAN TRIMS, SUKSES

karyabersama7745@gmail .com mengatakan...

IJIN COPY ARTIKEKNYA , GAN TRIMS, SUKSES

Unknown mengatakan...

Mau nanya nih ....kalau kamar sdh lama di cat minyak...terus skrng mau di cat biasa cat tembok apakah bisa gan??

Cari Kontrakan Jogja mengatakan...

ARtikelnya bermanfaat sekali... Makasih ya...


Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

http://carikontrakanjogja.com/

Unknown mengatakan...

Mau nanya apakah plamir yang tidak rata akan mempengaruhi hasil pengeceta

Unknown mengatakan...

Mau nanya apakah plamir yang tidak rata akan mempengaruhi hasil pengeceta

cecegelis mengatakan...

JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
-Poker
-AduQ
-BandarQ
-Domino QQ
-Capsa Susun
-Bandar Poker
-Bandar Sakong
-Bandar 66 (NEW)
Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
-Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
-Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
LiveChat 24 Jam Online
PIN BBM : 2AE76E22
WA : 081319506846
WEBSITE :www.jaguarqq.info

Unknown mengatakan...

Kalau pake coumpond gimana?

hadi st mengatakan...

Visit back, Terimakasih Jasa Pengecatan Tekstur

hadi st mengatakan...

Bisa Kerjasama? silahkan visit back jasa cat rumah jakarta timur

Omah Bangunan mengatakan...

Oh jadi gitu ya panduan pengecatannya, boleh juga ni mantap lengkap banget. Namun yang saya tanyakan kepada Admin bagaimanakah untuk Cara Melapisi Dinding Agar Tidak Panas ? mohon dijawab, makasih

New Kira mengatakan...

Pengecatan Lapangan Futsal

Ayo Dekoratif mengatakan...


Jasa Pengecatan Dekoratif:

1. Jasa Dekoratif
2. Jasa Cat Dekoratif
3. Jasa Pengecatan Dekoratif
4. Jasa Tukang Cat Dekoratif
5. Jasa Cat Dinding
6. Jasa Pengecatan Tekstur Dekoratif
7. Tukang Cat Dekoratif

KREASI KARYA CIPTA mengatakan...

Izin share admin siapa tau bisa bermanfaat.

Topik yang penulis bagikan diblog bisa menjadi informasi yang berguna untuk mengetahui panduan pengecatan tembok dan dinding.

Kami juga ingin memberikan solusi pengecatan selain cat polos yaitu dengan cat dekoratif. Lebih lengkapnya bisa klik tautan berikuat ya Jasa Pengecatan Cat Dekoratif terima kasih

Home Decor mengatakan...

jasa cat tekstur terlengkap, termurah hasil berkualitas, lisensi resmi dan bergaransi

Ryan KKC mengatakan...

Great post & bisa membantu bagi yang ingin melakukan pengecatan.

Kunjungi kami juga disini ya jasa cat dinding dekoratif terima kasih

Garden Scape mengatakan...

Postingan yang sangat bermanfaat & bisa menjadi referensi yang baik solusi pengecatan rumah.

Visit kami juga ya disini jasa cat dinding dekoratif terima kasih

Dekoratifku mengatakan...

Artikel & info yang bisa membantu semua dalam hal panduan pengecatan yang baik serta benar.

Izin share ya gan, barangkali ada yang ingin bangunannya di cat menggunakan cat dekoratif bisa mengunjungi & bisa support kami di

Kreasi Karya Cipta

Terima kasih, salam kenal

Unknown mengatakan...

Untuk area outdoor lebik baik pakai cat dasar /sheller karna plamir ngak tahan kontak cuaca langsung,,untuk cat gunakan water seal untuk mencegah bocor

Bunga Dekoratif mengatakan...

Izin share ya bos, siapa tahu bisa bermanfaat buat semuanya. Yuk bagi yang membutuhkan Jasa Cat Rumah Jakarta Berkualitas & Berserifikat bisa klik tautan ya. Proses cepat & tepat, harga termurah, garansi pekerjaan.

Posting Komentar

 
Design by Rudy Herliansyah Wisastra | Other Blog Personal - Dyhertra | Original Theme