Jenis Perkerasan Jalan dan Perbandingannya ( Aspal , Beton , Paving Block )

STRUKTUR PERKERASAN
 Pada umumnya, perkerasan jalan terdiri dari beberapa jenis lapisan perkerasan yang tersusun dari bawah ke atas,sebagai berikut :
·         Lapisan tanah dasar (sub grade)
·         Lapisan pondasi bawah (subbase course)
·         Lapisan pondasi atas (base course)
·         Lapisan permukaan / penutup (surface course)


JENIS PERKERASAN JALAN
Terdapat beberapa jenis / tipe perkerasan terdiri :
a. Flexible pavement (perkerasan lentur/Aspal).
b. Rigid pavement (perkerasan kaku/Beton).
c. Block pavemen(Perkerasan menggunakan paving block).

1.      PERKERASAN LENTUR (ASPAL)
Perkerasan lentur dengan bahan pengikat aspal yang sering disebut campuran aspal panas atau hot mix. Pemakaian tipe perkerasan lentur tersebut semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengembangan suatu daerah. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan (impor dari luar negeri seperti aspal Shell, ESSO 2000 dllnya) . Komponen aspal memberikan sumbangan sebesar 60% dari biaya total hot mix.). 

Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)
Lapisan tanah dasar adalah lapisan tanah yang berfungsi sebagai tempat perletakan lapis perkerasan dan mendukung konstruksi perkerasan jalan diatasnya. Menurut Spesifikasi, tanah dasar adalah lapisan paling atas dari timbunan badan jalan setebal 30 cm, yang mempunyai persyaratan tertentu sesuai fungsinya, yaitu yang berkenaan dengan kepadatan dan daya dukungnya (CBR).
Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, atau tanah urugan yang didatangkan dari tempat lain atau tanah yang distabilisasi dan lain lain.

Ditinjau dari muka tanah asli, maka lapisan tanah dasar dibedakan atas :
·         Lapisan tanah dasar, tanah galian.
·         Lapisan tanah dasar, tanah urugan.
·         Lapisan tanah dasar, tanah asli.

Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar.
Umumnya persoalan yang menyangkut tanah dasar adalah sebagai berikut :
·         Perubahan bentuk tetap (deformasi permanen) akibat beban lalu lintas.
·         Sifat mengembang dan menyusutnya tanah akibat perubahan kadar air.
·         Daya dukung tanah yang tidak merata akibat adanya perbedaan sifat-sifat tanah pada lokasi yang berdekatan atau akibat kesalahan pelaksanaan misalnya kepadatan yang kurang baik.

Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)
Lapis pondasi bawah adalah lapisan perkerasan yang terletak di atas lapisan tanah dasar dan di bawah lapis pondasi atas.
 Lapis pondasi bawah ini berfungsi sebagai :
·         Bagian dari konstruksi perkerasan untuk menyebarkan beban roda ke tanah dasar.
·         Lapis peresapan, agar air tanah tidak berkumpul di pondasi.
·         Lapisan untuk mencegah partikel-partikel halus dari tanah dasar naik ke lapis pondasi atas.
·         Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari beban roda-roda alat berat (akibat lemahnya daya dukung tanah dasar) pada awal-awal pelaksanaan pekerjaan.
·         Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari pengaruh cuaca terutama hujan.

Lapisan pondasi atas (base course)
Lapisan pondasi atas adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.
 Lapisan pondasi atas ini berfungsi sebagai :
·         Bagian perkerasan yang menahan gaya lintang dari beban roda dan menyebarkan beban ke lapisan di bawahnya.
·         Bantalan terhadap lapisan permukaan.
Bahan-bahan untuk lapis pondasi atas ini harus cukup kuat dan awet sehingga dapat menahan beban-beban roda.
Dalam penentuan bahan lapis pondasi ini perlu dipertimbangkan beberapa hal antara lain, kecukupan bahan setempat, harga, volume pekerjaan dan jarak angkut bahan ke lapangan.

Lapisan Permukaan (Surface Course)
Lapisan permukaan adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan beban roda kendaraan.
Lapisan permukaan ini berfungsi sebagai :
·         Lapisan yang langsung menahan akibat beban roda kendaraan.
·         Lapisan yang langsung menahan gesekan akibat rem kendaraan (lapisaus).
·         Lapisan yang mencegah air hujan yang jatuh di atasnya tidak meresap ke lapisan bawahnya dan melemahkan lapisan tersebut.
·         Lapisan yang menyebarkan beban ke lapisan bawah, sehingga dapat dipikul oleh lapisan di bawahnya.
Apabila dperlukan, dapat juga dipasang suatu lapis penutup / lapis aus (wearing course) di atas lapis permukaan tersebut.
Fungsi lapis aus ini adalah sebagai lapisan pelindung bagi lapis permukaan untuk mencegah masuknya air dan untuk memberikankekesatan (skid resistance) permukaan jalan. Apis aus tidak diperhitungkan ikut memikul beban lalu lintas.
Kelebihan jalan aspal
·         Jalan lebih halus, mulus, dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara.
·         Warna hitam aspal mempengaruhi psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman
·         Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan ringan, jalan aspal lebih murah dibanding konstruksi jalan beton.
·         Proses perawatan lebih mudah karena tinggal mengganti pada area yang rusak saja, dengan cara mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.
Kekurangan jalan aspal
·         Tidak tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan saluran drainase yang baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca hujan atau banjir
·         Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksijalan aspal.


2.      PERKERASAN KAKU (BETON)

Perkerasan jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri atas plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. Dalam konstruksi perkerasan kaku, plat beton sering disebut sebagai lapis pondasi karena dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasnya yang berfungsi sebagai lapis permukaan.
Perkerasan beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban ke bidang tanah dasra yang cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan.
Karena yang paling penting adalah mengetahui kapasitas struktur yang menanggung beban, maka faktor yang paling diperhatikan dalam perencanaan tebal perkerasan beton semen adalah kekuatan beton itu sendiri. Adanya beragam kekuatan dari tanah dasar dan atau pondasi hanya berpengaruh kecil terhadap kapasitas struktural perkerasannya.
Lapis pondasi bawah jika digunakan di bawah plat beton karena beberapa pertimbangan, yaitu antara lain untuk menghindari terjadinya pumping, kendali terhadap sistem drainasi, kendali terhadap kembang-susut yang terjadi pada tanah dasar dan untuk menyediakan lantai kerja (working platform) untuk pekerjaan konstruksi.
 Secara lebih spesifik, fungsi dari lapis pondasi bawah adalah :
·         Menyediakan lapisan yang seragam, stabil dan permanen.
·         Menaikkan harga modulus reaksi tanah dasar (modulus of sub-grade reaction = k), menjadi modulus reaksi gabungan (modulus of composite reaction).
·         Mengurangi kemungkinan terjadinya retak-retak pada plat beton.
·         Menyediakan lantai kerja bagi alat-alat berat selama masa konstruksi.
·         Menghindari terjadinya pumping, yaitu keluarnya butir-butiran halus tanah bersama air pada daerah sambungan, retakan atau pada bagian pinggir perkerasan, akibat lendutan atau gerakan vertikal plat beton karena beban lalu lintas, setelah adanya air bebas terakumulasi di bawah pelat.

Kelebihan Jalan Beton
·         Dapat menahan beban kendaraan yang berat
·         Tahan terhadap genangan air dan banjir
·         Biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal
·         Dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu
·         Pengadaan material lebih mudah didapat

Kekurangan jalan beton
·         Kualitas jalan beton sangat bergantung pada proses pelaksanaannya misal pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk memperlambat proses pengeringan
·         Untuk penggunaan pada jalan rayadengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi, maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal, namun lebih murah pada masa perawatan.
·         Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.
·         Proses perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang lama, sehingga menaikan ketinggian elevasi jalan, sehingga terkadang elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah di sampingnya.
·         Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang shingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara di atasnya.

3.      PERKERASAN MENGGUNAKAN PAVING BLOCK
Jenis perkerasan jalan lainnya yaitu paving block , yang terbuat dari campuran pasir dan semen ditambah atau tanpa campuran lainnya ( abu batu atau lainnya ). Paving block atau blok beton terkunci menurut SII.0819-88 adalah suatuko mposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut.
Sedangkan menurut SK SNI T-04-1990-F, paving block adalah segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang  dipasang sedemikian rupa sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992; Akmaluddin dkk. 1998).

Keuntungan dari Paving Block
·         Pelaksanaannya mudah dan tidak memerlukan alat berat serta dapat diproduksi secara masal;
·         Pemeliharaannya mudah dan dapat dipasang kembali setelah dibongkar;
·         Tahan terhadap beban statis, dinamik dan kejut dan
·         Tahan terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.

Kelemahan Paving Block
·         Mudah bergelombang bila pondasinya tidak kuat dan kurang nyaman untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga perkerasan paving block hanya cocok untuk mengendalikan kecepatan kendaraan di lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.
Mutunya dan standar yang disyaratkan :
·         mempunyai bentuk yang sempurna,
·         tidak retak-retak dan cacat,
·         bagian sudut dan rusuknya tidak mudah direpihkan dengan kekuatan tangan.

Bentuk Dan Ukuran
·         Berdasarkan bentuknya paving block dapat dibedakan menjadi dua yaitu bentuk segi empat dan segi banyak.
·         Ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm,
·         Warna umumnya abu-abu atau sesuai dengan pesanan konsumen.
·         Toleransi ukuran yang disyaratkan adalah ± 2 mm untuk ukuran lebar bidang dan ± 3 mm untuk tebalnya serta kehilangan berat bila diuji dengan natrium sulfat maksimum 1%.












Harga Paving Block, Batako, Concrete Block, dll | PT.Masterblock Indonesia - Paving Block | Batako | Conblock








Harga Paving Block, Batako, Concrete Block, dll






TIPE UKURAN t (cm) ISI/M2(bh) HARGA (Rp / m2) APLIKASI POLA
Abu Merah (Face Mix) Hijau (Face Mix) Klasik (Full Mix)
Tru Paving Block
Uk. 10.5x21
Tru Pave 6 45 75,000 90,000 95,000 115,000 car human conblock 4 pola
8 45 90,000 105,000 110,000 130,000 truck industry
10 45 150,000 165,000 170,000 - container ship
Uni Paving Block Uni Pave 6 39 76,000 91,000 96,000 116,000 car human conblock 16 pola
8 39 91,000 106,000 116,000 131,000 truck industry
10 39 151,000 166,000 171,000 - container ship
Kansteen Taman
Uk. 10cmX20cmX40cm
- 2,5 25,000 - - - car human
- 2,5 - - - - truck industry
Topi Uskup Topi Uskup 6 24 96,000 - - - car human topi uskup pola
8 24 120,000 - - - truck industry
Coblestone 21x21 Full Pave 6 39 86,000 101,000 106,000 126,000 car human coblestone 21 21 pola
8 39 91,000 106,000 111,000 131,000 truck industry
Tri Hexagon Tri Hexagon 6 39 76,000 91,000 96,000 116,000 car human Tri Hexagon Pola
8 39 91,000 106,000 111,000 131,000 truck industry
Hexagon


Hexagon

6 26 76,000 91,000 96,000 116,000 car human Hexagon Pola
8 26 91,000 106,000 111,000 131,000 truck industry
Batako Uk. 8x18x38
9x19x39



batako

8 14,5 43,500 - - -

Wall Usage


Concrete Block Pola (Batako Pola)
9 13,5 44,550 - - -
Grass Block Uk. 30x45


Grass Block

6 7 80.500 95.500 100.500 - car human Grass Block Pola
8 7 101.500 116,500 121,500 - car human


66,000









15 komentar:

Anonim mengatakan...

ijin copas ya.
terima kasih

Anonim mengatakan...

lumayan, dpet ilmu baru neh!

Unknown mengatakan...

alhamdulillah...ijn copas sobat

ardan mengatakan...

Teknologi Hotmix sekarang sudah banyak tertinggal, Kualitas HotMix indonesia sangat rentan terhadap kontaminasi,oksidasi,cuaca, terutama air. bagaimana mengatasinya, kami memiliki teknologi baru, dan sdh diterapkan diseluruh dunia termasuk beberapa kota besar di Indonesia termasuk Bandara udara Internasional Cengkareng. Bisa diaplikasikan ke seluruh bentuk area seperti jalan raya,tol,areal parkir, komplek perumahan,jalan lingkungan, trotoar, tamankota, pada bahan metal pun bisa. anti selip/anti licin, daya cengkeram lebih kuat dan lebih unik lagi, bisa dipesan berwarna,bukan di CAT, tetapi memang bisa dibuat berwarna warni sesuai permintaan dan bagaimana ketahanannya?? DIJAMIN TAHAN LAMA, dan warna tersebut tidak akan tergerus dan tidak hilang seperti bahan pewarna CAT pada umumnya. TIDAK ADA LAGI JALAN RUSAK DAN BERLUBANG YANG MEMBAHAYAKAN. silahkan hubungi kami di:

http://www.aspalbetonshield.blogspot.com

Harga? wow…bisa bersaing kok dengan yang reguler HOTMIX! yang gak bisa bersaing dengan produk kami adalah katahanan produk kami sudah diakui dunia, produk kami sudah teruji internasional, dan memiliki sertifikasi resmi dunia. Kami membuka peluang kerjasama seluas-luasnya!!!

Mandiri pile mengatakan...

awet ya beton ,tapi biayanya itu lo hehehe

Richard NB mengatakan...

Pak sebaikx kita bentuk LSM untuk mengawasi para kontraktor yang mendapat proyek dari pemerintah dalam melaksanakan proyek pembangunan jalan dan jembatan termasuk semua jenis konstruksi sipil,sebagai contoh didaerah saya sewaktu kontraktor melakukan pelapisan ulang jalan hotmix setiap tahun rusak padahal ada dalam kota dan pengawas dari PU tidak ada, dilakukan malam hari, saat dihampar aspalx sudah dingin sehingga berpengaruh terhadap kualitas ( bergelombang dan cepat rusak ) saya coba info ke polisi ttpi harus melaporkan secara resmi agar bisa ditindak lanjuti padahal menurut sy polisi dapat lakukan tanpa ada pengaduan masyarakat, untuk itu mungkin ada yang bisa memberikan masukan cara yang efektif bagi masyarakat untuk melakukan pengawasan penggunaan uang negara di bidang konstruksi agar terhindar dari praktek KKN dari pejabat yang berwenang.....

luqman mengatakan...

izin copas bang hehe

rambey mengatakan...

Jika saya perhatikan sangat banyak jalan yg diganti dari jalan aspal dengan jalan beton (rigit pavement) khususnya di Riau. Kenyamanan untuk berkendara tidak ada sama sekali, masih jauh lebih bagus jalan aspal. Krn beberapa titik jalan beton tdk dilapisi dgn aspal.

rambey mengatakan...

Demikian juga jalan beton beberapa titik dari Jambi menuju Palembang, sudah tidak dilapisi dgn aspal dan betonnya bergelombang. Mestinya sebelum di aspal atau di beton, diperbaiki lebih dulu fondasi jalannya dgn benar (daur ulang), baru dibeton atau hotmix.

Cari Kontrakan Jogja mengatakan...

Kami menawarkan space iklan di website kami. Jika Anda ingin memasang produk2 yang Anda jual, silahkan kunjungi website kami. Dan hubungi nomor yang telah tercantum di website kami.


www.carikontrakanjogja.com

Unknown mengatakan...

Informasi bermanfaat banget nih jadi tau perbedaannya, perkenalkan kami CV.Mandiri Jaya Beton merupakan distributor pembelian beton Jayamix wilayah JaBoDeTaBek, cek harga beton jayamix << disini, atau buat yang tinggal di Bogor cek harga jayamix bogor << disini atau buat yang yng tinggal di daerah bekasi cek harga jayamix bogor << disini. Kami juga penyedia jasa pengaspalan jalan, jasa pengaspalan hotmix, jasa pengaspalan murah kontraktor yang menyediakan jasa pemborong aspal jasa pengaspalan jakarta Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi yang berpengalaman

Unknown mengatakan...

Terima kasih info nya ☺ sangat bermanfaat😀

Ulfa RK Kosmetik Viral mengatakan...

Untuk sumbernya ini darimana ya min ?

Piter mengatakan...

semangat mas

Unknown mengatakan...

INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?
ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
Slot Online dan Games Online Lain nya,
Hanya dengan Menggunakan 1 User ID,
Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah,
Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.
Dengan minimal deposit 25 rb.
Deposit pulsa tanpa potongan rate!
Bonus setiap hati
Whatsapp : 0822-7710-4607
Daftar Slot Pulsa Tanpa Potongan
SILAKAN UNTUK DAFTAR GRATIS!
Ayo Segera Bergabung Bersama Kami :

whatsapp :+6282277104607
instagram : zeusbola.official
HOKI ANDA ADA DISINI!


Posting Komentar

 
Design by Rudy Herliansyah Wisastra | Other Blog Personal - Dyhertra | Original Theme